Friday, January 16, 2015

#MajlisIlmu: Ketika Info Asoy Ada disini

Dalam rangka memperkeren blog gue. Mulai sekarang, postingan blog gue bakal ada yang ngebahas tentang hal-hal yang entah berbau ilmu, informasi, atau apalah lu mau nyebutnya yang gue dapet di majlis ilmu yang setiap hari gue ikuti walau terkadang gue madol. Postingan tersebut ditandai dengan adanya #MajlisIlmu: dijudulnya. Dan, maaf-maaf aja kalo postingannya ga rajin, soalnya gue milih-milih dulu mana yang patut masuk blog dan karena ga setiap hari juga gue dapet hal asoy dari majlis ilmu buat dimasukkin ke blog.

Intinya, langsung cek ajah ceritaku....

Jadi kemaren gue ngaji, tepatnya malem selasa. Hari itu ngaji terbagi dalem dua waktu. Pertama abis maghrib. Kedua abis Isya`. Selesai shalat maghrib, gue langsung menimba ilmu ke ustad gue bersama dengan lumayan banyak orang lainnya. Waktu itu gue belajar tentang pentingnya ikhlas yang baik *kalo ga salah*. Dan pembahasannya tentang `Jihad` dijalan Allah. Sebagai murid yang baik, gue nyatet lumayan banyak. Yah, kira-kira satu lembar buku lah. Dan, sesi pertama ngaji itu dicukupkan sampe adzan Isya` berkumandang.

Selesai shalat Isya`, kita langsung lanjut buat sesi kedua. Malem ini jadwalnya gue belajar Bahasa Arab ama Nahwu. Buat yang ga tau apa itu Nahwu, coba cek tagihan air lu! Pas Bahasa Arab, gue dan juga yang lainnya belajar tentang ngartiin, nyambungin, ngeletakkin, ngebetulin, dan nyalahin. Dan cukup panjang serta banyak yang gue pelajarin. Tapi entah mengapa, pelajaran Nahwu malem itu diliburkan dulu tanpa alesan yang jelas. Jadi, selesai belajar Arab langsung ditutup deh majlis ilmu malem itu.

Kebiasaan yang biasa dilakuin ama gue dan lumayan banyak orang lain bareng ustad gue adalah selesai majlis kita ngaso-ngaso cantiiik.... cantiiik.... dan sharing tentang apa aja. Kebetulan hal ini kita lakuin kemaren. Cekibroh....

Mungkin euforia tahun baru gede banget sampe ngebuat seseorang nyalain petasan walaupun tahun baru udah lewat beberapa hari. Waktu itu kita semua ngedenger tuh petasan meleduk. Dan pada saat itu juga ustad gue flashback ke kehidupannya di Yaman dulu waktu masih menuntut ilmu.

Pertama ngomongin nikahan. Setelah ngedenger meleduknya tuh petasan, ustad gue tiba-tiba keinget ama adat nikahannya orang Yaman. Kan kalo di Indonesia adatnya meledukin petasan yah? Tapi kata ustad gue, nikahan di Yaman tuh adatnya make senjata. Bukan tajem, tumpul, atau apapun. TAPI API MEN!!! Ya, senjata api. Jadi, kalo ada orang nikahan di Yaman iring-iringannya tuh senjata--entah AK-47, K-2, K-1, P90, M4A1, atau senjata lainnya--beda ama di Indonesia yang cuman make petasan. Prosesinya dengan cara nembakin senjata yang ada keatas langit sampe amunisinya abis. Berhubung orang Yaman banyak yang idup dibawah garis kemiskinan #pissloveandbukannyangina, kata ustad gue, jadi mempelai pria Yaman yang mau nikah kudu beli amunisi sebanyak-banyaknya. Hal inilah yang ngebuat nikahan di Yaman mahal. Sedangkan untuk harga satu biji amunisi Ak-47 kalo ga salah Rp1.500,00 dan Rp500,00 untuk senjata apa gitu gue lupa. Dan, sharing tentang hal ini diakhiri dengan keekstreman senjata buat ngelakuin adat ini. Bukan senjata sedeng yang udah gue sebutkan tadi, tapi make BAZOOKA! BAZOOKA MEN!!! Gimana ga gila coba?! Jadi prosesinya tuh bukan nembak ke langit lagi, tapi ke gunung. Jadi ntar salah seorang dari keluarga yang nikahan bakal mastiin dulu ada orang apa ga di gunung. Kalo ga ada.... ditembakkin dah tuh gunung sampe amunisi abis. Dan gue lupa berapa harga satu biji tuh amunisi BAZOOKA.
P.S: Kalo nikahan lu pengen greget, ikutilah adat orang Yaman.

Kedua ngomongin senjata. Pernahkah lu berpikir kenapa adat nikahannya orang Yaman pada make senjata? Kenapa orang Yaman gampang banget dapet senjata? Lu tau jawabannya? Okeh, kalo ga tau, gue kasih tau. Hal ini dikarenakan penjualan senjata secara umum adalah legal, ditunjang dengan pasar-pasar yang banyak  menjualnya. Bahkan kata ustad gue, di Yaman ada sebuah pasar gede--yang gue lupa namanya--yang menjual berbagai jenis senjata. Mungkin lengkap. Dan dengan harga yang mungkin relatif lebih murah daripada yang dijual di Indonesia. Oh ya, gue sampe lupa, pasar gede yang jual berbagai jenis senjata itu kalo di Indonesia tuh mungkin ibarat Mangga Dua kali yak? Harga AK-47 disana dibanderol cuma 17 jutaan. Bayangin! Kalo di Indonesia mah sampe 100 jutaan keles! Belom lagi ngurus surat-suratnya, bayar lagi ajah! Ketara jelas, mahal-murahnya. Oleh sebab itu, banyak penjual senjata gelap di Indonesia, beli senjatanya tuh dari Yaman. Terus diakhir-akhir pembicaraan kita dikasih tau tentang senjata rakitan yang greget abiez dari Indonesia, tepatnya di Palembang. Ya, banyak orang Palembang yang buat senjata ini, kata ustad gue. Namanya cepe`. Jadi perbedaannya dari senjata lain adalah: ambil contoh AK-47, kalo AK-47 kena badan, pelurunya masuk cuma bikin lobang kecil di tubuh. Tapi kalo cepe`, begitu pelurunya masuk ke tubuh, tuh peluru meleduk dah didalem sehingga merusak daerah disekitarnya. Gue diceritain ustad gue, jadi kalo kita nembak babi, bakal ancur dah tuh setengah tubuh tuh babi. Tapi kalo nembak burung, bakal ilang dah tuh burung sampe bulu-bulunya. Gue jadi mikir gimana kalo yang ditembak tuh `Burungnya manusia yang senantiasa selalu bertengger diantara dua kaki`. Tapi, kalo yang ditembak cewek gimana yak?
P.S: Kalo lu mau jadi orang keren, pergilah ke pasar senjata di Yaman.

Ketiga ngomongin menuntut ilmu. Sharing tentang hal ini mungkin lebih tepatnya dibilang pengumuman kali yak. Soalnya ustad gue ngomongnya kayak punya maksud-maksud tertentu gitu. Beliau ngasih tau berbagai hal. Terutama kelebihan-kelebihannya. Kata beliau, sekolah di Yaman tuh gampang, ga perlu make ijasah. Cocok nih buat yang males-malesan sekolah di Indo. Pembelajarannya make sistem majlis bukan kelas. Jadi, kita belajar disebuah masjid yang GUEDE BANGETS, dan didalemnya duduk orang-orang yang membentuk kelompok kayak majlis gitu dengan pelajaran yang beda-beda. Ada yang belajar Fiqih, Hadist, Tafsir, Tauhid, dll. Dan setiap majlis itu diajarin oleh satu ulama yang mumpuni dibidangnya masing-masing. Setiap ulama tersebut juga mempunyai sikap yang zuhud. Entah apa itu sikap zuhud, gue juga kurang ngerti. Lama belajar disono juga bisa kita yang ngatur sendiri. Terserah lu mau belajar selama sehari, seminggu, sebulan, setahun, atau berapa lama kek, lu bisa atur sendiri dah asal sanggup bayar ongkos kesono ama biaya hidup disono. Masalah pembiayaan juga cukup bersahabat. Ongkos kesono cuma 25 juta, biaya hidup ga tau, tergantung disono, masalah pendidikan, ga bayar, dan balik ke Indo cuma 5 juta. Jadi kita tinggal nyiapin 25 juta buat berangkat, 5 juta buat pulang, ama biaya hidup yang disesuaikan ama lama pembelajaran. Masalah bayaran pendidikan itu gratis 100% karena udah dibayarin pemerintah. Lu cuma disuruh bayar tempat tinggal selama pembelajaran. Selama pembelajaran, lu bakal tinggal kayak di pesantren gituh yang disebut marqis. Jadi maklum lah kalo lu bayar buat marqis tersebut, buat air, listrik, makan, dll. Satu keuntungan sekolah di Yaman adalah lu bisa pergi haji dengan murah. Kan lu pada tau kalo berangkat haji dari Indo mesti bayar mahal udah gitu nunggu lama lagi. Kalo dari Yaman ga, lu tinggal pergi ke Yaman sebelom bulan haji terus pas bulan haji lu naik haji deh. Biaya yang biasa 45 juta *kalo ga salah* dari Indo, di Yaman bisa jadi 15 juta *kalo ga salah*. Tapi syarat buat ngelakuin semua itu adalah lu harus tinggal di Yaman selama sebulan terus kalo udah sebulan lu lapor deh ke KBRI di Yaman kalo tahun itu lu mau haji. Udah gitu lu dianter make bis ke Mekah dengan pemandangan yang indah dikanan-kiri. Cocok buat para Traveler kan? Dan diakhir sharing ini, ustad gue ngebahas tentang enaknya memilih marqis di Yaman. Pilihan ini dibuat berdasarkan kondisi fisik yang kita miliki. Ada marqis diwilayah dingin: jadi sedingin salju, wilayah panas: jadi kayak di padang pasir, wilayah padang rumput: jadi jarang ngeliat pohon, wilayah pohon: jadi jarang ngeliat rumput, wilayah pasir: jadi jarang ngeliat batu, dan wilayah batu: jadi jarang ngeliat pasir. Yang jelas, setiap wilayah memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tapi ustad gue bercerita, katanya, marqis paling enak tuh marqis diwilayah dingin. Jadi kita ga gampang capek atau aus, jadi jarang mandi dan hal ini ga bakal keliatan ama orang lain. Itulah segelintir kelebihan marqis wilayah dingin.
P.S: Males belajar di Indo? Ga punya ijasah buat ngelanjutin pendidikan? Ingin mencoba tempat tinggal diwilayah 4 musim sambil belajar? Pergilah sekarang juga ke Yaman!

Setelah itu, gue pulang~   



Share:

0 komentar:

Post a Comment