Wednesday, July 18, 2018

Manusia Imajiner

Prologue

"Dont't limit a child to your own learning, for he was born in another time"
-- Rabindranath Tagore


Holla, yak--nama gue, panggil aja Jek. Waktu TK, dari pertama kali masuk sampe gue lulus, gue itu ranking dua terus. Sampe gue bosen ngejar buat jadi ranking satu saking seringnya ranking dua karena gue udah yakin pasti bakalan jadi ranking dua. Terus gue juga pernah digigit ama cewek dibagian paha karena doi kesel gue gangguin gitu kalo ga salah dan gue tau itu fun fact ga penting emang.

Naik ke SD, cerita gue agak naik turun. Pindah tempat sekolah dua kali. Kelas satu sampe kelas tiga gue ranking dua terus lagi aja kayak waktu TK. Kelas tiga sampe kelas empat, gue pindah sekolah ke daerah Bekasi. Disitu gue ranking tujuh sama berapa gitu selama beberapa semester itu, naik-turun pokoknya karena temen-temen gue mulai pada pinter-pinter gue rasa. Kelas lima sampe kelas enam, gue pindah sekolah lagi ke daerah Jakarta. Disitu gue sempet rasain rasanya ranking satu, sekali doang tapi. Sisanya ranking dua lagi kayak biasa. Rival gue cewek waktu itu. Sampe sekarang gue bingung kenapa cewek biasanya pinter-pinter kalo soal begitu. Tapi kalo soal cinta belom tentu. NyahNyahNyah.

Naik SMP, disini mulai titik balik gue menuju kebobrokan. Kelas satu sampe kelas dua awal-awal gue masih bagus-bagus aja. Ranking dua seringnya, tapi sempet rasain ranking satu sekali doang. Dulu SD sampe titik ini gue berniat buat jadi programmer, tipikal akademisi parah deh. Tapi dari sini gue mulai pindah haluan buat jadi pesepakbola, pemain FCB di Spanyol tepatnya. Kelas tiga SMP ranking gue jadi dua diitung dari akhir. BTW, gue SMP di pesantren. Ikut tim sepakbola juga. Dulu SMP juga gue aktif ngeblog buat gaya-gayaan. Sekarang udah males. Ngeblog cuma karena ikut lomba kayak sekarang ini nih.

SMA makin ancur. Gue di MAN btw SMA nya. Ranking ga usah ditanya lah ya, gue juga udah ngelupain kronologi ranking gue di MAN. Gue berprinsip, "ranking bukan segalanya. Ranking ga nentuin kepinteran orang", buat pembelaan diri. Tapi kalo ga salah diawal-awal kelas sepuluh gue masih masuk (HASHTAG--hashtag keyboard gue lagi rusak btw)TOP3 deh. Dimasa ini gue mulai intens latihan sepakbola. Sekolah masa bodoh banget dah pokoknya. Niat gue sekolah cuma buat main bola pas hari rabu di pelajaran olahraga doang. Di MAN gue ga pernah belajar. Lagi KBM males-malesan, mau ujian ga belajar, bahkan mau UNBK pun gue ga belajar itu. Nilai UN MTK gue kemaren cuma 2,67 kalo ga salah. Dan seperti yang udah bisa dikira, gue ga langsung kuliah.

Gue alumni btw. Lulus tahun 2017. Boro-boro dapet SNM, SBM tahun 2017 pun gue ga ikut dengan alesan masih males, gue masih punya asa buat jadi pemain FCB. Kemudian gue ambil gap year. Sempet ditentang ortu karena ortu gue rasanya kayak orang konservatif. Baru ikut SBM di tahun 2018. Tapi sekarang gue ga mau cerita tentang SBM ataupun tentang akademik-akademik gitu. Tapi lebih ke in-relationship gue sama Zenius Education.


Zenius Edu

"The aim of education is the knowledge, not of facts, but the values"

-- William S. Burroughs


Awal-awal tau Zenius itu dari gebetan gue. Waktu itu doi lagi persiapan SBM 2017. Awalnya gue skeptis abis lah. Kira-kira kalo digambarin tuh gini,

Gebetan: "(lupa doi ngomong apa)... make Zenius."
Gue: "Apaan tuh Zenius?" gue tuh orangnya curious, tapi antara curious ama modus emang beda tipis.
Gebetan: "Ituuu, tempat belajar online, tapi gue make yang Xpedia."
Gue: "Oh itu, ga kenal ah.." kemudian gue searching,
Gue: "Oh, kayak beginian doang toh. Masa bodoh ah, gue kan mau jadi pesepakbola di eropa." ini gue ngomong dalem hati ala-ala drama ftv di tv-tv.

Sungguhan, awal-awal gue skeptis abis ama Zenius ini. Ngapain juga kan belajar, pemain bola. Belajar mah malesin. Enakan juga main bola, dapet pride kalo menang, belom lagi kalo bisa gocek-oper-salto cantik. Satu-satunya hal yang gue sukain dari Zenius ini ya cuma Zenius Blog nya aja hasil dari searching tadi itu, secara gue suka baca. Cakep banget dah. Bisa bikin Oh Moment yang kayak "Oh gitu" atau "Iya juga ya". category insight yang bisa sering bikin kayak gitu. Saran aja nih kalo lu skeptis orangnya kayak gue dan suka baca, bisa mampir ke blognya dulu buat intro pdkt. Soalnya doi powerful banget buat lu-lu pada yang lagi prepare SBM atau mau jadi orang yang liat dunia ini lebih bener, ngeliat pake value nya.

Long story short, gue terpaksa beli Zenius Xpedia buat modus prepare SBM tahun depan, gue bocah gap year 2017 kan. Buat yang belom tau Zenius Xpedia, lu bisa googling Zenius di wiki atau bisa langsung sambangin webnya di Zenius.net . Setelah beberapa lama make Zenius, "Zenius itu ngerubah idup gue". Kalimat klise emang yang sering dibuat bocah Zenius atau admin Zenius kalo lagi musim lomba gini. Yah, secara akademik sedikit-banyak sih gue berubah lah ya. Agak mulai suka mtk-fis-kim walau cuma advance di konsep-konsep secara teoretis, kalo itung-itungan ga usah make ditanya. Tapi sekarang gue mau ceritanya tentang perubahan gue kalo lagi mandang dunia.

Sekali lagi, "Zenius itu ngerubah idup gue". Dimulai dari Zenius Learning nya, "beberapa insight buat seorang pembelajar" yang diisi oleh Sabda PS--salah seorang dedengkot lembaga ini yang jadi favorit gue kalo ngasih sesuatu yang relateable ama dunia nyata pas lagi ngajar dan juga salah satu tutor favorit anak cewek (coba aja tanya anak cewek yang kenal Zenius dan pernah make, PASTI mereka bakalan suka ama doi terutamanya ama suaranya. Gue juga heran). Argumen gue pas SMA tentang "ranking mah ga penting, ga terlalu ngaruh ama kepinteran orang" di Zenius Learning ini kayak didukung. Gue jadi tau makna sebenernya dari pinter itu sendiri. Gue jadi berkesimpulan kalo orang ga sekolah itu gpp yang penting dia mau belajar. Sesederhana kalo lu udah tau perbedaan makna kata sebenernya dari  learn dan study.

Beberapa aspek idup gue jadi lebih berubah bareng Zenius ini, yang bakal gue ceritain make poin-poin bentar lagi. Terutama pas mandang dunia. Gue jadi ngerasa kayak orang yang (HASHTAG)BelajarBerkelanjutan. Semacem robot yang punya Artificial Intelligence kayak di film sci-fi gitu. Atau kayak MaBa FK yang make tagline long life learner di bio-bio instagram mereka.

Dan dibawah beberapa poin yang berubah:


General

"Develop a passion for learning. If you do, you never cease to grow"

-- Anthony J. D'Angelo


Sekarang gue jadi lebih suka semua pelajaran, lebih buat diaplikasiin ke kehidupan nyata gue, entah buat keuntungan pribadi atau buat seneng-seneng aja. Gue juga mulai coba nyukaiin berbagai topik bacaan buat pengetahuan di idup gue, siapa tau berguna kan. Dan jujur gue paling suka dibagian waktu gue mandang dunia ini dari segi science nya. Kalo lu belom paham gimana tuh, kayak gue mandang dunia sebagai robot gitu di film-film--semacem ada matrix-matrix perhitungan gitu walau ga detail-detail amat karena gue ga jago itung-itungan, biometric, atau diagram flow kemudian advice buat idup kita yang lebih baik. Kalo lu masih bingung, pernah nonton film Iron Man? Nah, scene HUD Iron Man yang kolaborasi Tony ama Jarvish, semacem dari kaca itulah mata gue memandang dunia ini sekarang. Kata Bang Sabda juga--salah satu dedengkot Zenius--"Sains itu bisa ngebantu hidup kita jadi lebih baik dan enak.". Salah satu contoh kegunaan sains yang pernah doi kasih yaitu, doi sekarang bisa tau caranya ngehemat bensin mobilnya. Sepele banget emang, tapi lumayan lah bisa ngurang-ngurangin polusi dunia ketika belom bisa beli Tesla Model X.



Gue juga coba kasih pengalaman gue yang terbantu dari sains. Gue pernah kecelakaan motor dua kali. Satu rem mendadak dan satu lagi nabrak anak kecil kelas tiga SD. Kira-kira ilustrasinya kayak gini,


kecelakaan pertama
kecelakaan kedua

Masih ABG gue waktu itu. Bodoh banget. Ga pernah belajar sih. Yang pertama, kebodohan gue ada tiga; ga make helm, kebut-kebutan, dan gue ga memperhitungkan pengurangan gaya gesek ban motor ama aspal pas ada pasir (ceritanya pasir itu yang kuning-kuning, bukan tokai kucing. Kalo tokai kucing mungkin kecelakaan gue lebih parah). Yang kedua, kebodohan gue ada empat; ga make helm(lagi), kebut-kebutan(lagi), cornering, cuma nyerempet doi--ya sebenernya nabrak langsung juga bahaya sih. Eh tapi tuh bocah juga bodoh sih, ujug-ujug langsung nyebrang tanpa tengak-tengok--mana dari belakang angkot nyebrangnya (itu angkotnya yang kotak-kotak btw), doi kira doi The Flash mungkin kali ya. Karena cuma nyerempet, doi jadi cuma patah di tiga bagian kakinya (panggul, tibia, ama pergelangan) kemudian temporal tengkoraknya juga bocor gegara kesamber stang motor gue. Bener-bener combo. Gue ga abis pikir kalo langsung nge hit doi, mungkin doi bisa langsung K.O. Karena gue inget momentum linier yang m.v=PNah buat masyarakat awam, gue saranin jangan kebut-kebutan sambil cornering di tempat yang biasanya rame, muke gile lu. Karena cornering dan ngebut itu berbanding lurus, ga percaya-- baca ini -- pahamin. Sumpah sih, ini kecelakaan yang paling parah buat gue. Keluarga gue kayak diperes pas ngobatin bocah ini, kayak susu aja. Untung aja gue ga digebukin massa waktu itu dan doi ga meninggal gue tabrak. Alhamdulillah gue belom kecelakaan lagi semenjak itu. Karena takdir dari Allah kemudian gue belajar Mekanika Klasik Newtonian; sekarang gue lebih ngerti ngetrick kapan harus ngebut, kapan harus cornering, kapan harus jumping, dan kapan harus meng-Paman Dom(inic Toretto)-kan diri.


(HASHTAG)ANTIRUMUSRUMUSCLUB
Ini salah satu contoh insight yang relateable ke dunia nyata guys. Gue sebut ini sebagai meng-Paman Dom(inic Toretto)-kan diri. Jadi kalo lu mau balapan atau nyalip itu jangan mepet-mepet, nanti bisa kecelakaan. Untuk lebih lengkapnya langsung kepoin aja zenius.net bagian fluida dinamis yang Bernoulli-Bernoulli gitu--materi SMA atau SBM itu.

Nih ada video bagus buat insight yang suka kebut-kebutan,




Jangan pernah ngebut kayak begitu guys kecuali lu pengen balik ke masa lalu...




Selain itu, gue bisa aplikasiin science ke hal yang gue suka, sepakbola contohnya. Misal,



Skenario 1:

Commentator: "Kali ini Jek yang mengambil tendangan bebas. Saat-saat menegangkan, bisa kita lihat bung seisi stadion sedang mengheningkan cipta dipenghujung babak pertama. Berdoa untuk satu gol dari tendangan bebas ini. Yak, bisa kita lihat bersama di layar. Ouh, peluit telah dibunyikan, YAK JEBRETTT!! OH, YA AMPUN, DEFLECTION!!!! YAK! YAK! YAK!! ADUHHHH, TERBENTUR MISTAR GAWANG! YAK, ADA ANANG MENYAMBUTNYA DARI LUAR KOTAK PENALTI! JEBRETTT!!! BOOOMMMM!!! WOOOO!!! TENDANGAN LDRR!! SUPERB! FIRST TIME YANG CANTIK GEMILANG DARI ANANG MENGHANCURKAN PRAHARA RUMAH TANGGA TIM MUSUH. 1-1 DI PENGHUJUNG BABAK PERTAMA INI PEMIRSA. Bisa kita lihat bung tadi, cantiknya tendangan bebas dari Jek menggunakan Magnus Effect, namun mengenai pager betis dari tim musuh yang membuat Magnus Effect semakin menggila saja putarannya tadi yang menyebabkan perubahan momentum dari si bola, kemudian bola hampir meretakkan mistar gawang musuh, lagi-lagi bola mengalami perubahan momentum bung dari Gaya Aksi-Reaksi yang menyebabkan Dowski melayang ke luar kotak penalti dan ada Ananggg yang langsung menyambutnya dengan tendangan Separuh Aku, benar-benar geledek!!! Saya rasa Energi Kinetik dari first time Anang tadi itu mencapai Seribu Newton besarnya.



Atau Skenario 2:

Commentator: " Umpan lambung dari Febri, tembok baja pertahanan Indonesia, langsung kedepan. Yak, ada Jek--yang pernah nyantri--berlari cepat sekali bagai geledek di siang bolong berusaha menyambutnya. Jek dapat, kemudian umpan terobosan kepada Maulana. Maulana dihadang oleh sembilan pemain. Yak, SATU! DUA!! TIGA!!! EMPAT!!!! DELAPAN!!!!!!!! SEMBILAN!!!!!!!!!!! MAULANA BERHASIL MENGGOCEK SEMBILAN PEMAIN LAWAN. YAK, MAULANA SI KELOK SEMBILAN TERUS BERLARI. BERLARI! BERLARI! BERLARI! UMPAN TARIK 30 DERAJAT SUDUT GEOMETRI. ADA BOWO! YAK JEB... OLOLOLOLOLOLOLOLOLOLO!!!!! TENDANGAN TEK-TOK PENGECOH DARI BOWO UNTUK KITA SEMUA. TEGA. TEGA. TEGA. TENDANGAN TEK-TOK YANG DAPAT MERUSAK MORAL BANGSA DARI TIM MUSUH, BENAR-BENAR TEGA, NAMUN HARUS DILAKUKAN.

*seminggu kemudian, Valent JEBRET nyambi kerja sebagai dosen fakultas MIPA



Contoh terakhir kita random bedah gambar aja ya guys,

wavelength

Kemudian Zenius juga suka ngasih topik sains yang relate sama kehidupan nyata tuh di instagramnya yang eye-catching abis. Berhubung tempo hari lagi World Cup Vibes abis, doi bikin infografik tentang sepakbola...







The Last for this aspect, Special Tribute, tentang diving. Bukan, bukan diving heboh kayak yang biasa dilakuin pemain Brasil kemaren itu. Yang gue maksud, diving yang nyelem-nyelem gitu make tengki oksigen. Nih gue bilangin aja, kalo lu pada jadi orang kaya atau seenggaknya punya duit-waktu lebih di suatu masa, cobalah main ke laut. Bukan cuma dipinggirnya doang, main ke tengahnya. Diving sekali lah minimal seumur idup, bukan buat jadi Aquaman. Kalo udah, jangan pernah lagi buang sampah sembarangan di sungai, laut, atau dimanapun dan kurangin banget konsumsi plastik di kehidupan lu. Lu bakal bersyukur ga terlahir jadi Kuda Laut. Diving menurut gue sih Best Moment Experience di idup gue setelah kenal sepakbola. Next nya gue pengen tau rasanya ke luar angkasa sih, mungkin di masa depan luar angkasa yang deket-deket mah bisa lah dijangkau. Sekali lagi banget, cobain diving sekali seumur idup! Gue sampe berharap terlahir sebagai Paus setelah nyoba diving itu.Asik sih beberapa tutor Zenius ada yang suka diving dan punya lisensi pula.




Sebenernya diving paling asik dibedah secara fis-kim-bio nya, tapi gue rasa lebih banyak fis-bio nya. Biologinya bisa dari semua biota laut didalemnya. Kimianya agak ngeri-ngeri sedap; lu bisa kena Decompression Sickness kalo kelamaan nyelem dan ga tau diri. Fisikanya paling asik; waktu pertama kali diving gue diajarin basic yang mantep abis--lu kalo napas pake mulut, mungkin awal-awal bakalan kagok tapi usahain selalu jalan napasnya, kalo sampe ditahan-tahan itu paru-paru lu bakalan meledak karena tekanan air, makin dalem makin bahaya, jangan sampe kejadian. Rasanya gimana? Cobain deh kapan-kapan. Sayang foto gue ama tutor waktu itu belom diminta :(

Note: kalo baru pertama kali diving sih diajarinnya dari pinggir pantai ngerayap-ngerayap gitu ketengah. ga bisa langsung main ketengah.


Buku

"What an asthonishing thing a book is. It's a flat object made from a tree with flexible parts on which are imprinted lots of funny dark squiggles. But one glance at it and you're inside the mind of another person, maybe somebody dead for thousands of years. Across the millenia, an author is speaking clearly and silently inside your head, directly to you. Writing is perhaps the greatest of human inventions, binding together people who never knew each other, citizens of distant epochs. Books break the shackles of time. A book is proof that humans are capable of working magic"

-- Carl Sagan from Cosmos


Aspek selanjutnya yang berubah adalah buku. Kebodohan terbesar gue tentang buku adalah waktu SMP gue kadang suka baca buku yang isinya kumpulan tweet receh yang kadang ada embel-embel K-Popnya. Udah receh, K-Pop pula. Dan gue adalah seorang fanbase Europian. Bener-bener bodoh kalo throwback mah. Atau ga, kadang juga suka baca "roman picisan", kalo kata Squidward mah.

Makin gede makin mawas diri topik bermanfaat yang gue suka. Gue mulai main Google Shcolar buat cari makalah-makalah singkat yang asik. Terlebih setelah ketemu Zenius. Kalo ga salah sih artikel-artikel awal yang gue baca di Zenius Blog itu ya tentang rekomendasi buku-buku ajib yang ga sia-sia kalo lu mau turunin tuh buku ke 14 generasi setelah lu, ya walau beberapa tebel-tebel sih. 

Nih beberapa rekomendasi dari doi yang cakep abis: part 1 dan part 2
Kemudian ada rekomendasi dari dedengkot Zenius disini.

Kalo mau download ebook yang lengkap dan bagus bisa ke oceanofpdf.com cuman ya English only. Nih beberapa koleksi gue,



Kalo ini koleksi fisik gue,

Sherlock Collection with other stories

Elon & Black Box with islamic literature. Dowski ga kebagian tempat,
tapi warnanya asik ya, matching...

Science with little bit philosophy

Film

"I think empathy is a beautiful thing. I think that's the power of film thought. We have one of the most powerful, one of the greatest communicative tools known to man"

-- Michelle Rodriguez


Kemudian film. Acara tv di negara kita ga banyak yang bagus. Kebanyakan kurang jelas juntrungannya, gosip, bully, atau no make sense lah.

Dari pada lu buang-buang waktu dan nyakitin moral diri lu, nih ada beberapa rekomendasi dari Zenius; Biografi sejarah, dari dedengkot Zenius kebanyakan dokumenter tapi, dan terakhir umum dengan beberapa rekomendasi buku bagus lagi.

Eh tapi di instagramnya doi juga suka bagi rekomendasi film bagus, langsung cuss aja lah--tapi di feed bawah-bawah sih. Contohnya ini nih,


Kalo ini koleksi gue setelah terkontaminasi Zenius,

dicampur ama koleksi lama sih tapi,
But, Special Tribute, for one of the most favorite series ever, yang pernah gue tonton; COSMOS A SPACE TIME ODYSSEY. Cocok buat yang suka nonton juga suka sains, karya yang menjembatani dua bidang itu. Remake dari serial pertama dengan judul COSMOS A PERSONAL VOYAGE 1980. Dateng dengan wajah baru; isu-isu yang diangkat lebih baru dari pendahulunya dan deket banget ama masalah kita sekarang secara global, lebih populer katanya ga kayak pendahulunya yang agak masih banyak rumus-rumus gitu (gue belom nonton yang pertama soalnya), dan visual effectnya itu loh yang mantep abis (kalender kosmik, kapal imajinasi, dan visual sains yang diaplikasiin ke dunia nyata yang kayak gue maksud 'cara gue mandang dunia sekarang'). Cocok juga buat instagrammer yang suka quatation di feednya, lumayan lah biar dikira intelek di mata gebetan. Sebenernya gue mau ngasih contoh scene kerennya yang quatation ama 'cara gue mandang dunia sekarang', tapi filmnya lagi error, sory yah :(

Daripada spoiler, mending langsung lu tonton aja dulu trailernya dibawah. Kabarnya season dua launching 2019. Mumpung masih lama, yang belom nonton abisin dulu gih season satunya. Bisa didownload di archieve.org


Coding

"Most good programmers do programming not because they expect to get paid or get adulation by the public, but because it is fun to program"

-- Linus Torvalds


Bukan, bukan tentang ngodein gebetan. Itu mah gampang. Yang susah itu dikodein gebetan tapi cowoknya ga peka. Yang gue maksud ngodein komputer. Diawal gue sempet bilang mau jadi programmer. Hal ini sempet naik turun terlebih gue pengen jadi pesepakbola. Tapi kemudian gue terinspirasi ama dedengkot Zenius, Sabda PS, founder Zenius. Doi lulusan ITB-STEI-TI, udah buat Zenius. Canggih sih. Pengen deh gue buat Artificial Intelligence kayak Jarvish karena gue orangnya introvert. Rencananya sih coding jadi kegiatan gue waktu nanti udah pensiun mungkin. Cobain juga deh coding, bagus buat latihan logika. Rekomendasi gue codecademy.com eye-catching abis. Kalo mau intro pdkt bisa tonton TEDx dulu tentang sci-tech, pernah ada pembicara dari Apple bilang kalo coding itu sebenernya gampang. Bisa lah dilatih mah.

nih akun gue, baru html sih..

Bahasa

"Language exerts hidden power, like the moon on the tides"

-- Rita Mae Brown


Setelah belajar root word, learn vocab tips, and prefixes-suffixes gue jadi makin kepoin bahasa dunia. Alesan gue sih filosofis aja; pengen punya istri orang Nordik. Kayaknya bakalan keren kan genetik Indo campur Islandia, sory gue fanbase genetik Mendelian. Pasti pernah deh lu ngomong bahasa asing negara yang lu sukain, abis itu lu merasa ganteng sendiri dan kocak aja. Seneng sendiri aja gitu. Serius, pelajarin guys bahasa asing. Lumayan buat bantu-bantu kerjaan lu nanti atau kalo mau nyari jodoh kan alesan belajarnya jadi lebih filosofis. Duolingo asik tuh; gratis, ada writing-reading-listening-speakingnya gitu. Cobain!

pengen deh lancar "Spasiba"-"Spasiba" di Rusia

Karena gue suka ama Spanyol gue baru sering belajar yang Spanyol. Rencana dalem waktu deket belajar Jerman ama nge Advance in Prancis karena itu bahasa utama di kawasan Uni Eropa. Fully Recommended!


Epilogue

"Education is not just about going to school and getting a degree. It's about widening your knowledge and absorbing the thruth about life"

-- Shakuntala Devi


Sains bisa buat idup lebih efektif dan efisien. Sains bisa bikin idup lebih berwarna. Sains bikin gue bersyukur terlahir sebagai manusia, bukan cacing Planaria. Dan Zenius yang mengenalkan itu semua.

Gue jadi keinget salah satu murid Zenius yang buat testi di instagram story Zenius kalo ga salah. Doi sekarang Ojol (Ojek Online) yang mewariskan Xpedianya(kalo ga salah) ke adeknya yang masih SMA. Dia bilang(seinget gue ya, agak lupa), "Seneng bisa make Zenius. Walaupun gue sekarang jadi driver ojol, tapi ilmu pengetahuan yang diajarin Zenius bisa dipake dimana aja. Sekarang gue nyuruh adek gue buat belajar make Zenius." :') Terharu gue bacanya. Mungkin sekarang doi jadi driver ojol teladan yang make ilmu fisika pas nyetir, sosiologi pas interaksi ama customer, atau udah sukses secara finansial dengan mengaplikasikan ilmu ekonomi--entahlah.

Gue jadi ngerasa kayak bocah imajiner. Rasanya kayak pengen belajar terus walau cuma secara teoritis. Pas mandang gebetan, gue bisa mandang doi sampe ke atomnya. Pas nyium ama ngerasain makanan, gue jadi bisa nembus ke struktur kimianya makanan sampe ke komposisi kimia otak. Pas denger sesuatu gue kayak bisa punya insting ala-ala Spider-man. Kalo lagi nyentuh benda, gue berharap bisa jadi mode yang kecil banget kayak di Ant-Man pertama biar bisa masuk ke dunia kuantum, ngerasain ruang-waktu yang udah ga sinkron lagi.

Gue suka sains, karena gue bocah saintek. Pengen belajar banyak bahasa buat nyari jodoh. Lanjutin coding. Dan rencananya mau belajar piano(karena gue suka scorcing music film) ama sosial-humaniora, biar kalo punya banyak duit ga gampang dibodohin ama dunia--kayaknya asik--sekalian modus minjem Xpedia ke gebetan karena doi anak soshum.

"Spasiba"


Note: ilustrasi kecelakaan dan coret-coretan yang dibuat hanya menggunakan Paint dari Windows. Atas kepencotannya mohon dimaklumkan.


Referensi


Share:

0 komentar:

Post a Comment